"Lukah" Kerajinan Khas Negara, kalimantan selatan




Assalamualaikum Wr Wb. . . . . . . .

Baiklah jika sebelumnya saya selalu memposting tentang masalah internet, handphone, tentang luar angkasa dan lain-lain maka kali ini saya akan menuliskan tentang sebuah kerajinan tangan yang ada di daerah saya. Walaupun daerah saya hanyalah wilayah terpencil namun menurut saya hal ini sangatlah penting untuk tetap menjaga dan mempertahankan kerajinan-kerajinan yang ada diseluruh indonesia termasuk di daerah saya ini.

Baiklah langsung saja, "Lukah" itulah sebutan untuk kerajinan di daerah saya ini, lukah ini berbentuk seperti apollo atau seperti sebuah roket.

Lukah ini terbuat dari rotan & bambu yang di kecilkan atau kalau masyarakat disini menyebutnya "diricih" terlebih dahulu. Lalu bambunya di kukus dengan api, biasanya proses pengukusan ini bisa memakan waktu 2 - 3 hari sampai warna bambunya berbentuk kecoklatan Tujuannya adalah agar bambu menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Setelah selesai lalu rotan dan bambu ini satukan dengan cara "di jalin" mohon maaf saya kurang tau apa bahasa indonesianya dijalin :-D, Setelah berbentuk bulat lalu di masukkalah yang namanya "handut" yang berbentuk seperti kerucut yang terbuat dari rotan dan bambu juga, setelah selesai lukah pun siap digunakan.

Lukah ini di gunakan masyarakat disini sebagai alat penangkap ikan. Ikan yang di hasilkan pun sangatlah beragam, seperti ikan gabus, ikan setan atau kalu di sini menyebutnya papuyu, ikan sepat dan lain-lain.

Jadi, gimana oke juga kan kerajinan di daerah kami ini.
Hehe. . . . .
Sampi disini dulu posting saya kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua. . . . .
Tag : Kalsel Zone, News
2 Komentar untuk ""Lukah" Kerajinan Khas Negara, kalimantan selatan"

thnks infonya sob, lumayan nambah wwsan. . . .thnks infonya sob, lumayan nambah wwsan. . . .

Back To Top